Puncak Dies Natalis, UHT Gelar Upacara Bendera Bersama

0

SURABAYA, Teritorial com –  Gelar Milad Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya ke 34 Tahun yang jatuh pada tanggal 12 Mei yang lalu. UHT pada acara puncak Dies Natalis tahun ini menggelar upacara bendera bersama, di lapangan apel Taruna Pelayaran, halaman gedung pulau Manterawu PDP UHT dengan Inspektur Upacara (Irup) Rektor Universitas Hang Tuah (UHT), Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQaR, Selasa (25/05).

Upacara Dies Natalis diikuti seluruh jajaran keluarga besar civitas akademika UHT terdiri dari: barisan peleton Drumb Corps PDP, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa serta deputasi undangan dari seluruh Kasatker UHT & Pengurus harian Yayasan Nala.

Rektor UHT dalam sambutan mengatakan bahwa UHT sebagai kampus berbasis kelautan dan kemaritiman usianya sudah ke 34 tahun. Hal ini merupakan bukti bahwa UHT sampai saat ini masih tetap eksis dan masih mampu melakukan terobosan inovasi dalam mengembangkan lembaga pendidikan, serta masih memiliki daya tarik saing sendiri di tengah tengah era globalisasi persaingan antar kampus unggulan negeri maupun swasta di tanah air.

“Keluarga besar civitas akademika, sebagai insan pengawak perguruan tinggi terakreditasi, haruslah mampu memanage dan memiliki naluri Ing ngarso sun tulodo, Ing madyo bangun karso, Tut wuri handayani serta punya wawasan, berpikiran optimis dalam menghadapi era globalisasi serta persaingan dalam sektor pelayanan publik di era keterbukaan Informasi,” tegas Rektor UHT.

Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M., CIQaR menambahkan bahwa masyarakat awam saat ini masih sering kali membutuhkan sebuah layanan informasi publik yang akurat, tentunya ini berkaitan dengan info pelayanan sebuah Perguruan Tinggi (PT) yang terakreditasi yang bisa menjaga mutu dan kualitas kelulusan sarjananya.

Di usia 34 tahun ini, Rektor UHT berharap supaya para pengawak PT harus lebih paham dan bisa mengimbanginya baik dengan cara dalam berfikir, bertindak dalam mengemban tugas mencerdaskan anak bangsa, serta amanat dalam mencetak generasi sarjana yang berwawasan kelautan.

Sementara itu, Ketua panitia acara Dies Natalis 34 tahun Drs. Tri Budi Marwanto, M.M., Psikolog yang sehari-hari menjabat Dekan Fakultas Psikologi mengatakan bahwa tema “Stay Positive, Creative and Active In Time Of Challenge” dalam peringatan ini, diharapkan walaupun peringatan Dies Natalis ini dalam situasi pandemik Covid-19 supaya seluruh keluarga besar civitas akademika UHT masih memiliki semangat dan tetap berfikir positif, kreatif serta tetap bergiat aktif melakukan segala aktifitas pekerjaan. Kegiatan perayaan Dies Natalis ini yang terbatas dan sederhana namun tetap tidak mengurangi khidmat dalam merayakan agenda acara secara keseluruhannya, supaya mampu menjadi penyegar, dan berdampak positif sebagai imun seluruh personel kampus Laut Biru.

Panitia Dies Natalis UHT mengemas beberapa kegiatan lomba dilaksanakan secara daring maupun luring, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa kegiatan yang di laksanakan untuk menggalang kebersamaan dan memeriahkan acara Dies Natalis yakni antara lain: lomba dosen dan tenaga pendidik berprestasi, lomba mahasiswa berprestasi, lomba memancing dan talk show kesehatan serta pemilihan putra putri kampus. Sementara itu untuk kegiatan sosial UHT menyelenggarakan pengabdian masyarakat melalui Bakti Sosial (Baksos) ke Warakawuri dan desa nelayan binaan UHT. Setelah upacara puncak upacara Dies Natalis dilanjutkan dengan pemberian anugerah dasa warsa untuk tenaga dosen dan tenaga pendidik yang berprestasi yang diberikan langsung Rektor UHT kepada 32 orang.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: