TNI Bentuk Komando Gabungan Tugas Terpadu Untuk Penanganan Covid-19

0

Jakarta, Teritorial.Com – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menyebut TNI membentuk Komando Gabungan Tugas Terpadu (Kogasgabad) di empat wilayah untuk penanganan virus corona (Covid-19).

“Kogasgabad di Jakarta di Wisma Atlet yang dijabat oleh Pangdam Jaya kemudian Kogasgabad di Natuna yang dijabat Pangkoopsau 1, Kogasgabad di Pulau Sebaru yang dijabat Pangkoarmada 1, serta Pulau Galang Pangdam 1 Bukit Barisan,” kata Yudo, melalui live streaming BNPB Indonesia, Senin (23/3).

Wisma Atlet Kematoran yang kini sudah menjadi rumah sakit darurat untuk penangan Covid-19 akan memiliki tiga satuan tugas atau Satgas. Tiga satgas itu antara lain satgas pendamping, satgas pendukung, dan satgas pengamanan.

Satgas pendamping terdiri dari 255 orang yang merupakan gabungan unsur TNI, Kemenerian Kesehatan, dan relawan yang sudah bersiap di Wisma Atlet. Selanjutnya, satgas pendukung terdiri dari 161 orang dan satgas pengamanan sebanyak 180 orang.

“Satgas pendamping terdiri dari tenaga medis yang menangani langsung di ring 1. Kemudian untuk satgas pendukung yang terdiri dari para pendukung dalam hal ini tim yang memasak, pengendali dari Kodam, kami dari Kogabwilhan kemudian ada satgas PAM yang terdiri dari satuan petugas pengamanan Marinir, Koppasus, dan Paskhas TNI AU,” ujar dia.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: