Lloyd Austin, Menhan Keturunan Afrika-Amerika Pertama AS

0

Washington, Teritorial.Com – Lloyd Austin terpilih sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) kabinet Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Terpilihnya Austin sekaligus menjadikan dirinya sebagai pria keturunan Amerika-Afrika pertama di AS yang menjabat posisi Menhan AS dan berkantor di Gedung Pentagon.

Persetujuan Senat AS berasal dari hasil pemungutan suara dimana 93 menyetujui penunjukan Austin sebagai Menhan AS. Dia menjadi menteri (secretary) pertama Joe Biden yang nominasinya lolos di Senat dan orang kedua yang lolos di kabinet Biden setelah Direktur Jenderal Intelijen Nasional Avril Haines.

“Ini adalah sebuah kehormatan dan privilese untuk melayani sebagai Menteri Pertahanan ke-28 negara kita, dan saya terutama bangga untuk menjadi Afrika-Amerika pertama yang menjabat posisi ini. Mari bekerja,” ujar Lloyd Austin di Twitter resminya, seperti dikutip Sabtu (23/1/2021).

Karir Militer Cemerlang

Predikat ‘yang pertama’ nampaknya begitu melekat pada sosok Austin yang sudah menjalani karir militernya selama empat dekade. Selama berkecimpung di dunia militer, pensiunan jenderal bintang empat ini tercatat sudah beberapa kali mendapatkan predikat ‘yang pertama’ untuk sejumlah posisi. Dia merupakan perwira umum Afrika-Amerika pertama yang memimpin Divisi Angkatan Darat AS dalam pertempuran (Divisi Gunung ke-10/Satuan Tugas Gabungan-180).

Tidak hanya itu, Austin juga merupakan perwira umum Afrika-Amerika pertama yang memimpin Korps dalam pertempuran yakni Korps Lintas Udara XVIII/Korps Multi-Nasional-Irak.

Kemudian, ia juga tercatat sebagai perwira umum Afrika-Amerika pertama yang memimpin perang (Pasukan AS-Irak). Karir militernya berlanjut saat ia terpilih sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat dan Komandan Komando Pusat AS, yang kembali menjadikannya sebagai pria keturunan Asia-Afrika yang mengemban jabatan tersebut.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: