Militer AS Halau Pesawat Pengebom dan Jet Tempur Rusia di Alaska

0

Washington, Teritorial.Com –  Militer Amerika Serikat (AS) mengerahkan sejumlah jet tempur F-22 untuk mencegat enam pesawat militer Rusia di lepas pantai Alaska pada hari Senin (20/5). Enam pesawat Rusia yang dihalau militer AS meliputi empat pesawat pengebom Tupolev Tu-95 dan dua jet tempur Su-35.

Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara (NORAD) menjelaskan bahwa jet tempur AS membayangi keenam pesawat Rusia itu hingga keluar wilayah udara Alaska setelah keenam pesawat itu memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) yang membentang sekitar 320 kilometer di lepas pantai barat Alaska.

Para pejabat militer AS menilai penerbangan pesawat pengebom Rusia merupakan bagian dari upaya Moskow untuk melatih militernya terhadap potensi krisis. Selain itu, tindakan Moskow juga diindikasi sebagai pesan kekuatan kepada musuh.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia juga telah mengkonfirmasi insiden ini. Dalam pernyataannya pada Selasa (21/5), Kementerian Pertahanan Rusia menyebut pesawat-pesawat pengebom Tu-95 memang melakukan penerbangan yang terjadwal.

“Melakukan misi singkat terjadwal di atas perairan netral di Laut Chukotka, Laut Bering dan Laut Okhotsk, juga di sepanjang pantai barat Alaska dan pantai utara Kepulauan Aleutian,” sebut Kementerian Pertahanan Rusia.

Insiden ini terjadi ditengah tensi ketegangan AS dengan Rusia mengenai berbagai masalah geopolitik dan seminggu setelah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo melakukan kunjungan ke Rusia. Dimana dalam kunjungannya, Pompeo sempat memperingatkan Rusia untuk tidak ikut campur dalam pemilihan AS.

Sebelumnya, insiden serupa pernah terjadi pada Januari lalu, saat sebuah pesawat E-3 dan dua jet tempur F-22 milik AS bersama dua jet tempur CF-18 milik Kanada ‘positif mengidentifikasi’ dua pesawat pengebom strategis Blackjack Tu-160 milik Rusia memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Kanada.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: