Lereng Gunung Merbabu Sisi Barat Terbakar, Petugas Kesulitan Padamkan Api

0

Semarang, Teritorial.Com – Kawasan hutan di lereng Gunung Merbabu sisi barat yang berada di wilayah Getasan, Kabupaten Semarang, diketahui terbakar. Hingga malam ini, api belum berhasil dipadamkan.

Informasi tersebut dikonfirmasi dari Kepala Dusun Thekelan, Supriyo menambahkan, setelah mengetahui ada kebakaran tersebut terus mengumumkan kepada warga melalui pengeras suara “Warga Thekelan bersama relawan dan komunitas gunung berupaya memadamkan kobaran api. Tapi karena angin kencang, api membesar kemudian sekitar pukul 17.30 WIB, kami turun. Pemadaman dilanjutkan besok,” kata Pengelola Basecamp Thekelan, Desa Batur Getasan, Kabupaten Semarang, Bento Abhi Dhamma, saat dihubungi, Minggu (14/10/2018).

“Kami informasikan melalui pengeras suara, warga Thekelan terus naik untuk memadamkan api. Yang terbakar berupa rumput dan semak belukar,” kata dia.

Hutan Gunung Merbabu Sisi Barat Terbakar, Api Belum PadamWarga saat melakukan pemadaman pada Minggu sore. Terpisah, Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Johan Setiawan, mengatakan yang terbakar berada di sisi barat Gunung Merbabu di atas Basecamp Thekelan-Wekas Pakis. Kebakaran diketahui terjadi sejak pukul 16.30 WIB.

“Sekitar pukul 16.30 WIB, terpantau adanya titik api di sisi barat Gunung Merbabu. Kami telah melakukan pemadaman, namun api membesar. Pemadam kami lanjutkan besok,” katanya.

Saat disinggung luasan yang terbakar, pihaknya belum bisa menyebutkan besarnya luasan lahan yang terbakar tersebut. Hal tersebut dengan yang terjadi sebelumnya dimana sekitar 10 hektar hutan di lereng utara Gunung Merbabu di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terbakar, Jumat (12/10/2018).

Kebakaran hutan di lereng utara Gunung Merbabu itu diduga karena ulah manusia. “Diperkirakan karena ada masyarakat yang membakar semak belukar/rumput di ladang dekat kawasan hutan. Percikan api itu terbawa angin kencang sehingga membakar semak-semak di lereng utara Merbabu,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu, Edy Sutiyarto dilasir Kompas.com.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: