Ditemani Menhan Prabowo dan Ketua DPR Puan, Megawati Resmikan Patung Bung Karno

0

JAKARTA, Teritorial.com – Ketua DPR Puan Maharani mendampingi Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri dalam meresmikan Patung Bung Karno di Kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

Peresmian Patung Bung Karno juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kasad Jendral Andika Prakasa dan Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurahman.

Peresmian Patung Bung Karno dilakukan dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Megawati selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Puan mengatakan, Patung Bung Karno yang berada di Akmil Magelang merupakan bukti bahwa pendirian Akmil Magelang tidak lepas dari peran Bung Karno sebagai Presiden Pertama RI.

Soekarno meresmikan Akmil Magelang saat menjabat sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI pada tanggal 11 November 1957.

“Ada tulisan tangan Bung Karno yang menerangkan bahwa Akmil Magelang merupakan kelanjutan dari Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakata,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (7/2/2020).

Menurut Puan, tulisan tangan Soekarno yang diabadikan dalam sebuah prasasti tersebut merupakan penanda sejarah dan perlu diketahui oleh para generasi muda.

“Jadi generasi sekarang harus tahu ada jejak dan peran Bung Karno di Akmil Magelang,” ujar dia.

Lebih lanjut, Puan berharap, keberadaan patung Presiden pertama Republik Indonesia itu dapat menjadi pengingat bagi seluruh taruna dan taruni awal berdirinya Akmil.

“Seluruh taruna dan taruni dapat mengingat bahwa semangat awal didirikannya Akmil ini adalah untuk melahirkan perwira-perwira terbaik TNI Angkatan Darat,” ucap dia.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: