Jokowi: Silahkan Demo Asal Sesuai Aturan

0

Jakarta, Teritorial.Com – Presiden Joko Widodo tak mempermasalahkan sejumlah aksi unjuk rasa mahasiswa yang marak terjadi belakangan. Aksi unjuk rasa itu mengkritik pemerintahan Jokowi, bahkan ada yang memintanya turun dari jabatan sebagai presiden. 

“Ya ini negara demokrasi silakan. Silakan menyampaikan pendapat,” ujar Jokowi saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (16/9). 

Namun Jokowi menegaskan, aksi unjuk rasa itu tetap harus sesuai aturan. Para mahasiswa atau siapa pun yang melakukan aksi unjuk rasa tak boleh melakukan tindakan anarkis demi keamanan. 

“Mau demo silakan, tapi ikuti aturan,” katanya. 

Aksi unjuk rasa sejumlah elemen mahasiswa di sejumlah wilayah dalam merespons pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dalam sepekan belakangan berakhir ricuh. 

Polisi telah mengancam akan menyeret mahasiswa yang bertindak anarkis saat melakukan aksi unjuk rasa mengkritik pemerintahan Jokowi. Polisi mengizinkan masyarakat menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur UU. 

Namun penyampaian pendapat tersebut harus tetap mematuhi aturan seperti menghormati HAM, etika moral, menjaga persatuan kesatuan, dan tidak mengganggu ketertiban umum. 

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: