Pemerintah Akan Libatkan Unair dan Eijkman Untuk Pemeriksaan Corona

0

Jakarta, Teritorial.Com – Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto mengatakan pekan depan pemerintah berencana untuk menggandeng lembaga mandiri seperti balai kesehatan Universitas Airlangga dan Lembaga Eikkman untuk melakukan pemeriksaan virus corona atau Covid-19.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan Kementerian Kesehatan agar pemeriksaan corona dapat dilakukan di luar laboratorium Litbangkes. Selama ini pemeriksaan hanya dilakukan oleh satu instansi, yakni laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Jakarta.

“Pemerintah sudah memutuskan mulai hari Senin besok pemeriksaan lab bisa dilaksanakan bukan hanya di Litbangkes. Tapi bisa di BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan), di Universitas Airlangga, di Lembaga [Biologi Molekuler] Eijkman dan beberapa tempat lagi saat ini sedang on the job training,” ujar Yuri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/3).

Yuri menjelaskan pemerintah telah menerima 10 alat pollmerisasi (PCR) untuk mendeteksi virus corona yang nantinya akan diberikan kepada pihak-pihak yang akan melakukan pemeriksaan.

Lebih lanjut, Yuri mnejelaskan pihaknya telah melakukan pelatihan bagi para petugas laboratorium di daerah karena pemeriksaan covid-19 harus dilakukan dengan ketentuan khusus.

Sebelumnya, karena jumlah kasus corona yang semakin bertambah dan meluas,pemerintah daerah hingga lembaga pemenelitian meminta pemerintah pusat tidak memonompoli pemeriksaan corona yang hanya dilakukan di Litbangkes di Jakarta.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: