Pemerintah Siapkan Wisma Atlet Untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

0

Jakarta, Teritorial.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar Wisma Atlet Kemayoran dapat dipakai untuk menampung pasien Covid-19. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga menyebut Wisma Atlet Kemayoran akan mulai digunakan untuk menampung pasien covid-19 pada pekan depan.

“Presiden telah beri tugas ke Menteri BUMN dan Menteri PUPR untuk menyiapkan Wisma Atlet tanggal 23 (Maret) atau hari Senin yang akan datang, diharapkan bisa menampung 1.000-2.000 orang pasien,” ujar Doni saat memberikan keterangan pers melalui siaran langsung di akun Instagram Sekretariat Kabinet.

Para pasien nantinya kan ditangani oleh Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) dan Kementerian Kesehatan. Doni menjelaskan tim Kogabwilhan memiliki pengalaman menangani Covid019 sejak proses pemulangan WNI dari Wuhan,China hingga ratusan Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dan World Dream.

Sementara itu, terkait persiapannya, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak Rabu untuk menata Wisma Atlet agar bisa dijadikan tempat isolasi pasien corona. Senada, Abdul juga menyebut bahwa wisma atlet siap digunakan mulai pekan depan.

“Jadi Senin (23/3/2020) sudah bisa dioperasikan. Insyaallah Senin,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid seperti dikutip detikcom, Kamis (19/3/2020).

Dengan waktu yang terbatas, lima BUMN konstruksi antara lain Wijaya Karya, Waskita Karya, PTPP, Brantas Abipraya, dan Adhi Karya, dilibatkan dalam proses persiapan wisma atlet.

“Kerja fisik dijalankan oleh BUMN, dikoordinatori oleh Wijaya Karya, Waskita, PP, Brantas, dan Adhi Karya untuk menyiapkan rumah sakit darurat ini,” jelas Khalawi.

Lebih lanjut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan bahwa pengoperasian Wisma Atlet dilakukan secara bertahap.

“Ya minggu depan lah, siap beroperasi. Tapi tahap pertama 1.000 kamar dulu,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam teleconference, Kamis (19/3/2020).

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: