Resmi Jadi Panglima, Marsekal Hadi Ziarah Ke Makam Jendral Sudirman

0

Yogyakarta, Teritorial.com – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto ziarah ke makam Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman.  Hadi melakukan ziarah setalah dilantik dan serah terima jabatan menjadi Panglima TNI.

Marsekal Hadi beserta rombongan langsung menuju makam Jenderal Soedirman yang berada di tengah kompleks makam yang terletak di Jalan Kusumanegara tersebut.

Marsekal Hadi sendiri tiba di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta, Minggu (10/12/2017) pukul 10.00 WIB.

Diawali dengan pembacaan doa, Marsekal Hadi lantas menaburkan bunga di atas nisan almarhum Jenderal Soedirman, disusul di nisan almarhum Jenderal Urip Sumoharjo, dan Menteri Supeno. “Memang sudah niat saya sejak awal, sebelum memulai kerja saya di Jakarta, di Mabes TNI, saya akan nyekar dulu di makam Panglima Besar Jenderal Soedirman,” kata Marsekal Hadi kepada wartawan sesuai melakukan ziarah.

Kemudian Marsekal Hadi mengungkapkan nilai-nilai dasar yang sudah diberikan Jenderal Soedirman kepada TNI. Dia siap menjalankan pesan-pesan itu. “Jenderal Soedirman memberikan nilai-nilai dasar yang telah diberikan kepada TNI yaitu menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI,” ujar Hadi.

“Sehingga pesan-pesan yang disampaikan beliau dalam tulisannya, semuanya, akan saya laksanakan dalam rangka membangun TNI yang profesional dan modern demi menjaga keutuhan NKRI,” beber Hadi.

Diakui oleh Marsekal Hadi, sebelum menjabat Panglima TNI, dia kerap berziarah ke makam Jenderal Soedirman. Hal itu pertama kali dilakukan saat menjadi prajurit TNI.

Selain berziarah ke TMP Kusumanegara, dia juga napak tilas menyusuri rute gerilya Jenderal Soedirman. Lalu sebelum pelaksanaan RPS, dia juga menyempatkan berziarah lagi. “Jadi saya sering datang ke sini (makam Soedirman), setiap kali ada kegiatan. Cuma saat ini karena jadi Panglima TNI, jadi banyak yang ikuti,” ujar pria yang masih menjabat sebagai KSAU ini sambil diiringi senyuman.

Setelah melakukan ziarah ke makam Jendral Sudirman Hadi  berserta rombongan kembali melakukan  perjalanan ziarah ke makam dua pahlawan nasional, Abdulrachman Saleh dan Agustinus Adisutjipto, di Dusun Ngoto, Bantul.

‘Ngopi’ Bareng Pimpinan Media Di Udara.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelum melaksanakan ziarah sempat mengajak pimpinan berbagai media untuk minum kopi, bukan di darat melainkan di udara. Kegiatan bertajuk ‘Ngopi Bareng di Udara’ ini berawal dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (10/12/2017).

Marsekal Hadi dan para pimpinan media kemudian berangkat menggunakan pesawat C-130 Hercules A-1341, Boeing 737, dan Fokker 28 menuju Lanud Adisutjipto di Yogyakarta. Di ketinggian 15.000 kaki, kopi disajikan untuk Marsekal Hadi dan para pimpinan media. Wanita Angkatan Udara (Wara) jadi baristanya. (ROS)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: