JB Sumarlin, Mantan Menkeu Era Soeharto Meninggal Dunia

0

Jakarta, Teritorial.Com – Mantan Menteri Keuangan era Soeharto, Prof. Dr. Johannes Baptista (JB) Sumarlin meninggal dunia pada Kamis (6/2) pukul 14.15 WIB.

JB Sumarlin meninggal di usia 87 tahun di RS Carolus, Jakarta. Informasi tersebut juga diberikan oleh pihak keluarga dari JB Sumarlin dalam pesan berantainya.

“Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Ayah / Eyang / Saudara kami Prof Dr JB Sumarlin, pada hari Kamis, 6 Februari 2020, Pukul 14:15 di RS Carolus, Jakarta,” demikian keterangan dari keluarga JB Sumarlin.

“Jenazah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi, lantai 36 – pada pukul 18:00. Rencana akan dimakamkan di San Diego Hills lada hari Senin, 10 Feb 2020. Mohon dimaafkan semua kesalahannya-kesalaahn selama hidupnya. Kami yang berduka, keluarga besar JB Sumarlin,” tutup pengumuman tersebut.

Dilansir dari Harian Kompas (10/10/1997), JB Sumarlin lahir di Desa Ngadirejo, Blitar Jawa Timur pada 7 Desember 1932.

Jb Sumarlin menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (1958). Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di University of California, Barkeley AS (1960) untuk mendapatkan gelar MA. Selepas itu, JB Sumarlin meneruskan pendidikan ke gelar doktor dari University of Pittsburg, AS (1968).

Sebelum masuk ke dalam instansi pemerintah pernah bekerja sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan sempat bekerja di sebuah perusahaan industri di Jakarta. Bahkan di masa Revolusi fisik berperan serta bergerilya sebagai anggota Palang Merah Indonesia, dan sebagai anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) di Jawa Timur.

Pada Kabinet Pembangunan V, ia dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan didampingi Menteri Muda Keuangan Nasruddin Sumintapura dari 21 Maret 1988 sampai 17 Maret 1993

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: