Pengusaha Muda, Billy Martasandy Ungkap Pentingnya Mencintai Bidang Bisnis yang Dijalankan

0

Jakarta- Salah satu hal yang dapat mendorong kesuksesan suatu bisnis ialah membangun bisnis berdasarkan bidang yang disukai. Dengan mendirikan bisnis berdasarkan minat atau hobi serta keahlian, akan lebih mudah bagi pengusaha atau pelaku bisnis tersebut untuk bertahan menghadapi tantangan.
Ada banyak calon pengusaha yang membangun bisnis tidak berdasarkan minat, tetapi hanya karena melihat orang lain telah sukses menjalankan bisnis yang sama, padahal tidak ada jaminan bahwa hasil yang diperoleh akan sama.
Dengan membangun bisnis berdasarkan minat atau hobi serta keahlian, pengusaha atau pelaku bisnis bisa benar-benar termotivasi dan berdedikasi untuk menjalankan bisnisnya tidak peduli seberapa besar tantangannya. Seperti yang dilakukan Billy Martasandy, CEO Martasandy Group yang terdiri dari: Martasandy Tour Travel, Martasandy Psychology, Martasandy Properti, dan Martasandy Bimbingan Terpadu.
Billy menjelaskan alasan dirinya membangun bisnis dengan keempat bidang tersebut. “Karena kebutuhan lingkungan mengenai psikologi, bimbingan terpadu, tour travel, dan property membuat saya memunculkan usaha ini, kemudian menyatukannya menjadi Martasandy Group,” katanya.
Martasandy Group berdiri atas dasar hobi dan kegemaran Billy semasa kuliah dulu. Billy memiliki hobi bepergian atau travelling di dalam dan luar negeri sehingga berpikir untuk membuka bisnis travel. Pada tahun 2012, bisnis ini mendapat peresmian dari notaris dan kemudian dinamakan Martasandy Abadi Wisata.
Billy Martasandy, S.Psi., M.Si., CHt adalah seorang anak tunggal bersuku bangsa Sunda yang lahir pada 25 Juli 1986. Billy mulai menempuh pendidikan SD, SMP, hingga SMA nya di kota Bandung. Saat duduk di kelas 2 SMP, Billy diangkat menjadi Ketua OSIS di sekolahnya. Setelah lulus dari SMA, Billy lanjut ke pendidikan kuliah di jurusan psikologi hingga meraih gelar S-2.
Dengan latar belakang pendidikan di bidang psikologi, Billy mengungkapkan bahwa bisnisnya di bidang psikologi, Martasandy Psychology dan Martasandy Bimbingan Terpadu, menjadi utama sehingga usahanya maju dan dikenal banyak orang.
Dengan ini, Billy telah membuktikan bahwa minat serta keahliannya telah berperan besar dalam kesuksesannya menjalankan bisnis. Berkat kesuksesan usahanya di usia muda, Billy saat ini juga merupakan salah satu anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Bandung (HIPMI Bandung).
Di tengah kesibukannya sebagai CEO, Billy juga aktif melakukan kegiatan hobi lainnya di bidang olahraga otomotif mengendarai moge (Harley Davidson), olahraga bela diri, golf, serta membaca. Saat ini dia menjadi salah satu anggota Harley Davidson HOG Chapter Bandung dan juga menjadi anggota kehormatan BBMC Brotherhood.
“Waktu kuliah S-1 sudah bergabung dengan psikologi otomotif dengan menggunakan motor sport. Seiring berjalannya waktu, tahun 2014 akhirnya saya memiliki motor besar pertama Harley, lalu tahun 2016 bergabung dengan HDCI. Saya sempat vakum selama beberapa waktu sampai tahun 2020 ikut HOG, dan tahun 2021 mendapat honorary member (anggota kehormatan) BBMC Brotherhood.”
Billy pun menyampaikan pesan kepada para calon pengusaha tentang pentingnya mencintai bidang bisnis yang dijalankan. “Dengan mencintai bidang bisnis yang kita jalankan, kita tentunya ingin bekerja lebih dari orang lain. Karena ketika kita melakukan apa yang kita sukai, pandangan yang lebih positif dan optimis akan mengikuti secara alami. Tidak boleh ketinggalan juga semangat dan tekad yang kuat, itu merupakan ciri utama seorang pengusaha yang sukses,” pungkasnya.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: