Berhasil Naikan Omset Lima Kali Lipat, Online Shop Popytbynisa dan Odeca.official Bangkit di Tengah Pandemi

0

Tangerang, Teritorial.Com – Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi berbagai bisnis, salah satunya bisnis fashion muslim yang digeluti oleh Nisa yang bernama lengkap Nisa ul Khasanah, pemilik online shop popytbynisa dan odeca.official.

Meskipun pemasaran yang dilakukan fokus melalui online, Nisa juga merasakan dampak pandemi Covid-19 yang sangat tajam. Di minggu kedua awal pandemi omsetnya turun drastis hingga 70%. Saat itu Nisa sempat berkecil hati. Namun, ia berusaha bangkit dan terus mencari strategi yang tepat untuk terus bertahan dan menutupi biaya operasional.

Nisa akhirnya mengubah pola pikirnya dan menjadikan pandemi ini sebagai peluang baru untuk menggarap pasar yang lebih luas. “Di dua minggu awal pandemi Covid-19 omset saya turun sampai 70%, ditambah akun instagram brand odeca sempat hilang. Saya sempat down tapi saya berusaha segera bangkit karena tidak ada cara lain selain maju dan hadapi masalah ini. Dengan mengucap bismillah dan minta kekuatan Allah SWT, Alhamdulillah omset saya bisa naik sampai lima kali lipat bulan dibanding bulan-bulan sebelumnya.” Jelas Nisa.

Di kala bisnis lain memangkas dan menghentikan kegiatan pemasarannya, Nisa justru menggencarkan pemasaran. Alhasil Nisa berhasil menaikan omset dan ia tidak menyangka omsetnya kini justru melesat di situasi seperti ini. Saat ini ia mampu menjual sampai 4.000 pcs baju setiap bulannya.

Dibalik hasil yang ia tuai saat ini, rupanya Nisa telah terjun di bisnis ini sejak tahun 2012, saat ia masih berusia 22 tahun. Awalnya Nisa berbisnis hanya untuk sampingan ketika masih bekerja kantoran di perusahaan swasta.

Bermodalkan Rp500.000, Nisa mencoba membuka online shop yang diberi nama popytbynisa. Kemudian di tahun 2018, popytbynisa memiliki brand sister bernama odeca.official yang khusus menjual gamis. Dalam waktu satu tahun brandnya dengan mudah diterima masyarakat.

Tak hanya sampai disitu, tahun 2019 Nisa meluncurkan kembali brand odecadaily yang karakternya jauh berbeda dengan odeca.official. Ketiga brand tersebut memiliki target pasarnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan para hijabers.

“Saya merintis bisnis mulai 0. Awalnya stok terjual hanya 10-20 pcs per bulan. Alhamdulillah sekarang sudah punya puluhan ribu stok untuk siap dijual. Dulu sewa warehouse dari 1 kontrakan petakan, saat ini sudah bisa sewa rumah besar.” Ujar wanita berusia 30 tahun ini.

Rencananya dalam waktu dekat ini Nisa akan meluncurkan produk baru yang informasi lengkapnya dapat ditemui di Instagram popytbynisa lalu odeca.official dan odecadaily. Sedangkan untuk pemesanan, customer dapat mengakses  website www.popytbynisa.com.

Nisa berharap bisnisnya dapat terus memenuhi kebutuhan fashion muslim di tanah air. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah pemeluk agama islam terbesar di dunia.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: