Gantikan Theresa May, Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris yang Baru

0

London, Teritorial.Com – Boris Johnson resmi terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris  yang baru menggantikan Theresa May setelah meraih kemenangan telak 66,4 persen atas pesaingnya Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt dalam pemilihan internal Ketua Partai Konservatif.

Melansir BBC, dalam pidato kemenangannya, Johnson berjanji akan segera mengeksekusi rencana Brexit. Bahkan ia menyatakan kemungkinan skenario untuk membekukan parlemen demi memastikan tercapainya Brexit 31 Oktober mendatang. Johnson menilai keputusan rakyat Inggris untuk melakukan Brexit sesuai referendum 2016 menjadi pilihan yang harus dihormati dan dijalankan.

Tidak hanya itu, mantan Walikota London itu juga menyatakan akan menyatukan Inggris Raya serta mengalahkan pimpinan oposisi dari Partai Buruh Jeremy Corbyn.

Johnson merupakan salah satu politikus tersohor di Inggris yang tegas dan kerap mengundang kontroversi. Pria 54 tahun itu mengawali karirnya saat ia menjadi kandidat dari Partai Konservatif untuk wilayah Clywd pada tahun 1997. Selanjutnya pada tahun 2011, Johnson berhasil menjadi anggota parlemen di wilayah Henley-on Thames dan menjabat selama tujuh tahun.

Karir politiknya perlahan menanjak saat ia terpilih menjadi Walikota London untuk periode 2008-2016. Selanjutnya, pada tahun 2016, Jonson terpilih untuk menjadi Menteri Luar Negeri Inggris di bawah pimpinan May untuk periode 2016-2018.

Kini, pasca terpilih sebagai PM Inggris yang baru, sorotan kepada Johnson berfokus kepada bagaimana strategi dan langkahnya untuk menyelesaikan krisis Brexit yang telah berlarut dan memecahbelah Inggris dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Johnson memang dikenal sebagai seorang politikus yang mendukung Brexit. Selama kampanye, janji Brexit pun selalu disampaikan oleh Johnson.

Pelantikan Johnson sebagai PM Inggris yang baru dijadwalkan akan digelar pada Rabu (24/7) sore waktu setempat oleh Ratu Elizabeth II. Selanjutnya, pengambilan sumpah kabinet baru dijadwalkan terlaksana pada Kamis (25/7).

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: