Tahun 2020,Pemegang Paspor Indonesia Bebas Visa di 83 Negara

0

Jakarta, Teritorial.Com – Sierra Leone menjadi negara ke-83 yang memberikan layanan bebas visa bagi para traveler pemegang paspor Indonesia. Layanan bebas visa untuk Indonesia tentunya mempermudah para turis asal Indonesia untuk berlibur ke luar negeri.

Namun perlu diperhatikan, terdapat negara yang benar-benar memberlakukan bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia, dan terdapat negara yang masih memberlakukan ketentutan khusus seperti wewajibkan para turis Indonesia untuk mendaftar eVisa atau Visa on Arrival.

Selain itu, terdapat ketentuan lainnya dari yakni negara bebas visa hanya berlaku bagi pemegang e-paspor atau harus mendarat di bandara tertentu.

Sementara itu, dikutip laman Henley Passport Index, konsultan kewarganegaraan yang berbasis di London, Indonesia berada pada peringkat ke 72 bersama dengan China dan Kenya dalam daftar paspor terkuat di tahun 2020.

Pemeringkatan tersebut disusun berdasarkan data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA) yang mengelola basis data informasi perjalanan terbesar dan paling akurat di dunia. Kemudian didukung oleh data penelitian yang tengah digarap oleh Departemen Penelitian Henley & Partners.

Khusus di tahun 2020, pemilik paspor Indonesia dapat akses bebas visa dan visa on arrival ke 71 negara di dunia. Hal ini mengalami kenaikan setelah sebelumnya pada tahun 2019 tercatat hanya 70 negara.

Untuk diketahuia, akses bebas visa dan visa on arrival memiliki perbedaan. Untuk bebas visa, pemegang paspor diizinkan untuk masuk ke negara tujuan tanpa visa. Sementara Visa on Arrival berarti para pemilik paspor bisa mengurus visa di tempat yang dituju.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: