42 Kapal Perang RI Akan Dikerahkan pada MNEK 2020

0

JAKARTA, Teritorial.com – Sebanyak lebih kurang 42 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari berbagai jenis dan Pesawat Udara (Pesud) milik TNI Angkatan Laut akan dikerahkan pada pelaksanaan Latihan Bersama Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Jakarta, Kepulauan Seribu dan Pulau Belitung pada bulan Agustus 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., dihadapan media massa seusai membuka kegiatan Initial Planning Conference (IPC) di Sumba Room, Hotel Barobudur Jakarta Pusat, Kamis (28/11) di mana pertemuan ini merupakan salah satu poin penting dalam menyiapkan Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020 mendatang.

Kegiatan IPC dihadiri oleh perwakilan 25 negara dari 54 negara yang diundang untuk pelaksanaan MNEK 2020. Namun demikian, seluruh negara peserta dipastikan akan hadir pada pelaksanaan Mid Planning Conference (MPC) yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020 sebelum kegiatan puncak yang akan digelar pada bulan Agustus 2020 mendatang.

Asops Kasal dihadapan para peserta antara lain mengatakan bahwa Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo merupakan latihan dua tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dengan mengundang partisipasi dari Angkatan Laut negara-negara sahabat dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama internasional antar Angkatan Laut di bidang maritim khususnya di bidang penanggulangan bencana dan keamanan maritim.

Menurut Asops Kasal, latihan yang mengangkat tema “Cooperation to Strengthen International Maritime Security”, ini fokus pada latihan Non-Warfighting dan dengan tema yang diangkat serta diyakini dapat menyuarakan kepentingan bersama dalam meningkatkan interoperabilitas antar Angkatan Laut untuk menjaga stabilitas keamanan maritim kawasan.

“Latihan bersama MNEK 2020 ini merupakan latihan yang sangat spesial bagi Indonesia khususnya bagi TNI AL karena latihan ini akan dilaksanakan bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-75 (Diamond Jubilee), sehingga latihan ini akan lebih semarak dan memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi para peserta latihan”, ungkap Laksda TNI Didik Setiyono

Berbagai serial latihan baik di darat maupun laut akan dilaksanakan seperti Maritime Interdiction Operations Exercise, Serach and Rescue Exercise dan kegiatan interaksi sosial antar personel kapal perang seperti Engineering Civic Action program, Medical Civic Action Program, Sport Program, Cultural Program dan Exhibition Program.

Turut hadir pada kegiatan ini Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Danguspurla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta Purwokuntjoro selaku Dansatgas MNEK 2020 serta para Perwira TNI Angkatan Laut lainnya.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: