Study Visit, Unhan Kunjungi Industri Strategis Pertahanan

0

Bogor, Teritorial.com – Pencapaian Minimum Essential Force Tahap ke -2, tentunya memerlukan sinergitas dengan industri strategis dalam negeri guna mendorong tercapainya pemenuhan kebutuhan alutsista secara mandiri.

Mecetak kader akademisi dan intelektual di bidang pertahanan, Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan study visit ke PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia PT DI, PT LEN dan PT INTI serta ITB bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Pertahanan, dilaksanakan selama dua dari tanggal 7 s.d 8 Desember 2017 dipimpin langsung oleh Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil.

Kunjungan mahasiswa Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP), Fakultas Strategi Pertahanan (FSP), Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Teknologi Pertahanan dalam rangka menjalin kemitraan dengan industri strategis nasional serta yang terpenting mahasiswa Unhan dapat melihat secara langsung fakta-fakta yang ada dilapangan dari mulai proses produksi, kapasitas optimal, bagaimana pemasarannya serta kontribusinya terhadap pertahanan negara.

Melalui kunjungan langsung, para mahasiswa/i Unhan berkesempatan melihat satu-persatu aktivitas produksi keempat industri strategis tersebut. Dengan kunjungan inii diharapkan,  para mahasiswa mampu memhami dinamika industri strategis sebagai wujud industri pertahanan mulai dari tataran kebijakan hingga taktis.

Sejauh ini dalam industri srategis dalam negeri telah mampu memproduksi alutsista seperti senjata, amunisi, dan kendaraan khusus lapis baja, kapal selam, maupun alat pertalatan yang berkaitan dengan cyber maupun alat telekomuniasi.

Dalam kunjungan ini mahasiswa Unhan diberi kesempatan meninjau berbagai fasilitas yang dimiliki oleh keempat industri strategis pertahanan nasional, contohnya saat kunjungan di Pindad mahasiswa Unhan dapat mencoba performa produk senjat.

Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil menyampaikan kegiatan Study Visit ke PT DI dan PT PINDAD, memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan yang lebih lengkap terhadap industri strategis yang dimiliki oleh indonesia sebagi bagian dari proses pembelajaran mahasiswa dalam menempuh pendidikan dan sebagai wujud nyata dalam kerjasama yang telah bangun Unhan dengan perusahaan BUMNIS.

Rektor Unhan berharap agar pelaksanaan Study Visit dapat berjalan dengan lancar, mampu menghasilkan konsep-konsep kerjasama yang efektif dalam mendukung keberadaan unhan. Harapannya melaui kegiatan ini, terutama bagi para mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai sarana dalam berdiskusi, saling bertukar informasi dan memperluas wawasan demi membekali pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari.

Rektor Unhan bersama mahasiswa Unhan melaksanakan Study visit ke Industri strategis didampingi oleh pejabat eselon I dan II serta beberapa pejabat eselon III di lingkungan Unhan.(SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: