Bahas Kejahatan Siber, Untuk Pertama Kalinya BSSN Ikuti Pertemuan ASEAN

0

Putrajaya, Teritorial.Com – Resmi berdiri pada tahun 2017 lalu, untuk pertamakalinya Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengikuti pertemuan 18th ASEAN Senior Officer Meeting on Transnational Crime (SOMTC ke-18) di Putrajaya, Malaysia, 23-28 September 2018.

Keterlibatan BSSN dalam kegiatan tahunan ini menjadi hal sangat penting lantaran BSSN sebagai bandan Siber nasional tentunya dihadapkan dengan berbagai bentuk kompleksitas tantangan yang dihadi terutama jelang Pemilu di Indonesia yang akan digelar pada tahun 2019 mendatang.

Adapun Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto bertindak sebagai ketua Delegasi SOMTC Indonesia. Sementara Head Of Delegation (HOD) untuk Cyber Crime ke-5 diketuai oleh Irjen Pol Dharma Pongrekun yang saat ini menjabat Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN. Dalam SOMTC ke-18 dibahas mengenai agenda Combating on Cyber Crime, yaitu penanggulangan masalah siber pada masa mendatang.

Selain itu, pertemuan juga membahas tentang modernisasi hukum pidana nasional, peningkatan pengamanan sistem jaringan komputer Nasional sesuai standar internasional maupun meningkatkan forum kerja sama antarnegara dalam penanggulangan penanganan cyber crime.

Adapun BSSN menggarisbawahi bahwa hal yang tidak kalah penting adalah dengan Memperkuat kerja sama dengan penyedia layanan internet untuk menjaga keamanan cyber space dari bahaya dan penyalahgunaannya oleh kelompok teroris, peredaran narkotika maupun dampak penggunaan internet lainnya.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: