Kepala Bakamla: Tegaskan Komitmen Jaga Keamanan Laut

0

Jakarta, Teritorial.com – Menghadapi ancaman keamanan laut yang kian kompleks ditandai dengan maraknya tindak kejahatan di laut seperti illegal fishing, penyelundupan narkotika, pembajakan kapal, hingga imigran gelap menuntut aparat penegak hukum di laut untuk bersiapsiaga dan terus meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI sebagai badan yang bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia melaksanakan upacara peringatan Hut ke-3, yang dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., bertempat di Taman Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017) dalam siaran pers kepada teritorial.com, Kepala Bakamla RI menyatakan akan selalu teguh mengawal komitmen dan tujuan mulia didirikannya Bakamla RI.

“Dengan komitmen tersebut, Bakamla RI akan terus bekerja dan berkarya memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup bangsa”. tegasnya dihadapan para hadirin yang mengikuti upacara peringatan tersebut.

Laksdya Ari juga mengingatkan terutama kepada seluruh pejabat, jajaran dan staff Bakamla untuk tanggap, dan cepat dalam merespon isu-isu yang berkembang terkait ancaman terhadap keamanan laut di Indonesia. Bakamla RI juga akan terus memperbaiki diri menutupi berbagai kekurangan yang ada saat ini.

“Disisi lain, Bakamla RI perlu menata diri dan membenahi berbagai kekurangan dan kelemahan yang ada agar ke depannya mampu mentransformasikan diri sebagai institusi penjaga keamanan dan keselamatan laut yang handal, modern dan dibanggakan oleh bangsa dan negara”. Tegasnnya.

Upacara Peringatan Hut Bakamla RI/Dok Humas Bakamla

Lebih lanjut Laksdya Ari juga berpesan agar senantiasa melakukan introspeksi diri, melihat kekurangan, baik dalam bidang operasi, manajemen, kualitas, kapasitas, dan kapabilitas SDM, sarana dan prasarana serta anggaran maupun output organisasi.

Upacara tersebut dihadiri oleh segenap perwakilan institusi pemerintah lainnya TNI AL, TNI AU, Baharkam Polri, PSDKP, Basarnas, Lemsaneg, dan Bea Cukai. beserta para tamu undangan dari instansi maritim lain yaitu SopsAD, SopsAL, Koarmabar, BNN, Ditpolair Polda Metro Jaya, BNPT, Kemhan, Bea Cukai, Kolinlamil, Kodim 0501, Bapeten, Basarnas, PSDKP, dan BMKG.

Seluruh prestasi yang disandang, lanjutnya, tidak terlepas dari kerja keras dan pengabdian tanpa pamrih seluruh pengawak Bakamla RI. “Sebagai instansi pemerintahan yang belum lama berdiri, Bakamla dengan segala pencapaian yang ada saat ini tentu juga kerana bentuan dari institusi lainnya, yang selama ini telah bersedia mendampingi dan bersama Bakamla mewujudkan apa yang telah menjadi kepentingan bersama menjaga keamanan Laut Indonesia”. Paparnya. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: