Armata T-14, Generasi Tank Tempur Terbaru Rusia

0

Moskow, Teritorial.Com – Rusia memilih untuk tidak menghentikan produksi kendaraan tempur Armata dan tetap menjalankan program tersebut meskipun terdapat pengurangan dalam pengeluaran pertahanan. Rostec, perusahaan yang khusus dalam konsolidasi perusahaan-perusahaan penting yang strategis di sektor pertahanan Rusia, mengawasi proses produksinya.

Tank tempur utama Armata T-14 (MBT) pertama kali ditunjukkan selama Parade Kemenangan, Mei 2015 di Moskow. Sergi Chemezov, pejabat eksekutif Rostec, menjelaskan kepada wartawan pekan lalu bahwa meskipun proyek-proyek baru akan dihentikan untuk sementara, proyek Armata – yang termasuk T-14,kendaraan tempur infanteri T-15 dan perbaikan serta pemulihan kendaraan lapis baja T-16 – masih sesuai rencana.

Akan tetapi, kapan tank-tank tersebut dikirimkan masih menjadi pertanyaan.

Dilansir dari National Interest, pada Januari, Angkatan Darat Rusia (RGF) masih belum menerima pengiriman batch pertama dari generasi ketiga T-14s. Pengiriman telah ditunda beberapa kali. Awalnya diharapkan sembilan tank pertama dikirim oleh produsen tank Rusia Uralvagonzavod (UVZ) pada tahun 2018, sebelum batas tanggalnya kemudian diundur kembali hingga 2019.

Tank Rusia yang Baru

Proyek Armata dimulai pada tahun 2010, saat Kementerian Pertahanan Rusia mengakhiri proyek “Objek-195” – program T-95. Keseluruhan proyek tersebut dilihat sebagai lompatan teknologi yang besar dari desain perangkat keras militer era Soviet dan dari ground up T-14 yang sangat berbeda dari platform tank Rusia sebelumnya.

Tank ini memiliki lambung turret yang panjang dan berbentuk kotak, menyerupai desain turret tank Barat. T-14 juga memiliki tujuh roda,dimana pada umumnya tank Rusia atau bahkan MBTs Rusia Modern memiliki enam roda.

Bukan hanya hal itu yang membedakan Armata T-14 dengan tank-tank pendahulunya. Diantara karakter inovatifnya, turretnya di desain tanpa awak,yang mencakup meriam utama 125mm 2A82-1M smoothbore yang dikendalikan dari jarak jauh dengan pemuatan otomatis sepenuhuhnya.

Turretnya berisi total 45 butir amunisi, tetapi senjata utama juga dapat menembakkan peluru kendali laser. Selain itu, senapan 2A82 125mm bahkan dapat ditingkatkan menjadi 2A83 152mm, sementara T-14 juga dapat dilengkapi dengan senjata sekunder seperti senapan mesin Kord 12,7mm atau senapan mesin PKTM 7.62mm.

Selain itu, T-14 disebut unggul karena MBT memiliki kemampuan untuk melindungi awak di dalamnya. Fitur tank ini dengan siluet yang rendah mampu mengurangi paparan terhadap tembakan musuh, dan meningkatkan keselamatan dan kemapuan bertahan para awak.

Pengemudi, penembak dan komandan tank ditempatkan di kompartemen awak yang terletak di kapsul lapis baja di bagian depan lambung, diisolasi dari loader otomatis serta penyimpanan amunisi di tengah tangki.

Kompartemen kru terbuat dari bahan komposit dan dilindungi oleh lapis baja yang berlapis-lapis, yang menurut laporan analis dapat menahan hanataman langsung dari hampir semua jenis putaran yang saat ini ada termasuk putaran sub-kaliber dan kumulatif.

Bagian depan tangki juga ditutupi dengan sistem pertahanan aktif yang dirancang untuk mencegat amunisi anti-tank termasuk putaran sub-kaliber seperti yang berasal dari rudal, roket, dan RPG berpemandu anti-tank.

T-14 dilaporkan menawarkan perlindungan hingga level 5 STANAG 4569. Belahan depan tangki memiliki baju besi reaktif sementara bagian belakang dilengkapi dengan baju besi bar yang memberikan perlindungan tambahan dari senjata anti-tank seperti RPG.

Salah satu masalah yang dihadapi semua awak tank adalah bahwa mereka memiliki pandangan yang terbatas ketika berada di dalam lambung baja kendaraan mereka. Kendati demikian, desainer T-14 telah mengatasi masalah ini dengan menyediakan kamera sudut lebar yang dipasang di sekitar bagian luar.

Ini memberikan sudut penglihatan sebesar 360-derajat untuk para kru, dengan pandangan komandan dipasang di bagian atas turret juga menawarkan seluruh bidang pandang sementara pandangan penembak dilengkapi dengan periskop penglihatan langsung dan penunjuk laser. Kamera dapat diperbesar sesuai kebutuhan, sementara penginderaan panas dan kemampuan melihat inframerah tersedia dalam semua kondisi cuaca, siang atau malam hari.

Kenyamanan awak memang selalu kurang di kendaraan lapis baja, tetapi T-14 bahkan memiliki toilet internal sehingga awak tidak perlu keluar dari tank.

T-14 digadang-gadang dapat menjadi musuh yang tangguh di medan perang – setidaknya ketika akhirnya masuk ke gudang senjata RGF.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: