Berangkat KTT OKI, Jokowi Bela Palestina

0

Jakarta, Teritroial.com – Seluruh dunia mengecam tindakan Trump bahwa Yerusalem Ibu Kota Palestina, Protes kepada Trump terus disuarakan. Organisasi Konfrensi Islam (OKI) segara melakukan pertemuan guna membahas langkah sebaiknya yang perlu diambil guna mengagalkan kebijakan Trump tersebut.

Indonesia sebagai salah satu negara anggota OKI, diwakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Istanbul, Turki dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (12/12).

Jokowi bertolak ke negeri pimpinan Recep Tayyip Erdogan itu untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI yang akan dilangsungkan esok hari tertanggal (13/12).

Menurut Jokowi, KTT OKI akan menjadi momen penting bagi negara-negara Islam untuk menyikapi keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel. “Ini adalah kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” ucap Jokowi dalam konferensi sebelum keberangkatannya ke Turki.

Jokowi berencana memanfaatkan KTT OKI untuk menyampaikan penolakan Indonesia atas keputusan Trump. Karena itu Jokowi juga akan meminta negara-negara OKI untuk kompak membela Palestina, serta menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan baik secara bersama maupun secara individu untuk membela hak-hak warga Palestina di Kota Yerusalem.

Seperti nota protes yang telah dikirim sebelumnya kapada pemimpin negara Adidaya tersebut, JOkowi kembali menegaskan sikap Indonesia yang mengecam keras pengakuan sepihak AS tersebut. Pemerintah Indonesia meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali langkah provokatif Trump yang abai terhadap ketetapan hukum internasional.

Turut serta mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Keberangkatan Jokowi dan rombongan dilepas oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dahulu berada di Istanbul. Sebab, Menlu Retno sudah dijadwalkan menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden Jokowi. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: