Dibawah Tekanan Ekonomi, Turki Bakal Boikot Produk AS

0

Istanbul, Teritorial.Com –  Sebagai buntut dari sanksi yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa Turki akan memboikot produk-produk elektronik buatan AS, seperti iPhone produksi Apple Inc. Hal ini merupakan langkah baru setelah sebelumnya, Erdogan menyerukan warga Turki untuk menukar dolar AS mereka ke dalam Lira Turki.

Bukan hanya produk elektronik asal AS, Reuters juga melaporkan bahwa Turki juga tidak akan menggunakan produk AS dalam konstruksi. Menteri Kementerian Lingkungan dan Urbanisasi Turki, Murat Kurum mengatakan bahwa langkah ini merupakan tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai upaya spekulatif terhadap mata uang Turki.

Dalam sebuah simposium ekonomi di Ankara, Erdogan juga menjelaskan bahwa boikot terhadap produk-produk elektronik AS dilakukan sebagai upaya untuk menahan kejatuhan ekonomi Turki lebih dalam. Erdogan juga menyerukan agar Turki harus memproduksi dan mengekspor barang-barang elektronik sendiri. “Jika mereka punya iPhone, ada Samsung di sisi lain. Di Turki juga ada Venus Vestel,” tandas Erdogan merujuk kepada ponsel pintar buatan Turki.

Seperi yang dikutip Bloomberg, Edorgan mengatakan bahwa Turki telah menjadi target perang ekonomi yang dikobarkan oleh AS, sama seperti negara-negara lain, termasuk Kanada. “Ada biaya yang akan kami bayarkan untuk periode saat ini. Tapi tanpa ragu, ada biaya untuk merencanakan operasi “melawan Turki,” ungkap Erdogan

Sebelumnya, AS telah menggandakan tarif impor atas produk bajja dan alumunium dari Turki. Keputusan untuk memblokade barang asal AS juga dilakukan menyusul turunnya nilai mata uang Turki terhadap dolar AS akibat dari kebijakan tersebut. Lira telah merosot lebih dari 40% terhadap dollar AS di tahun ini, dan telah diperdagangkan pada rekor terendah pada Senin lalu (13/8/2018).

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: