Laksdya Erwin Resmi Menjabat Sebagai Wakasal TNI AL

0

Jakarta, Teritorial.com – Laksamana Madya (Laksdya) TNI Erwin S. Aldedharma secara resmi telah mengambil posisi sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) menggantikan Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono yang memasuki masa pensiun pada tanggal 1 November 2023.

Pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) ini dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta, pada hari Selasa (31/10).

“Pelaksanaan serah terima jabatan adalah kegiatan yang rutin. Namun, ini juga hasil dari penilaian pimpinan TNI, jadi bukan hanya pimpinan TNI Angkatan Laut, tetapi juga pimpinan TNI menilai dan dibawa oleh beliau ke hadapan Bapak Presiden dan Bapak Presiden menyetujui jabatan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut berikutnya dijabat Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma,” kata Laksamana Ali selepas upacara.

Erwin Slamet Aldedharma telah ditunjuk sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) berdasarkan keputusan Panglima TNI yang diatur dalam Surat Keputusan Nomor Kep/1223/X/2023 yang diteken oleh Laksamana TNI Yudo Margono pada tanggal 26 Oktober 2023.

Erwin, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut pada tahun 1991, sebelumnya menjabat dalam beberapa posisi strategis. Ini termasuk pengalamannya sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II pada periode 2018–2019, kemudian sebagai Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasal dari 2019 hingga 2021. Pada tahun 2021 hingga 2022, Erwin mengepalai Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil). Selain itu, dia juga memiliki pengalaman sebagai Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I pada tahun 2023.

Dalam rentang waktu satu tahun, Erwin mengalami setidaknya tiga kali pergantian posisi, yang meliputi perannya sebagai Pangkoarmada I, Pangkogabwilhan I, dan akhirnya Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut. Selama periode yang sama, dia juga meraih kenaikan pangkat dari perwira tinggi berbintang dua menjadi berbintang tiga.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut menilai bahwa Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma memiliki pengalaman tugas dan pendidikan yang komprehensif, sehingga sangat pantas untuk diangkat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

“Penunjukan ini dilihat berdasarkan dari beberapa background, background pendidikan, penugasan, tour of duty, tour of area, dan Bapak Erwin ini sudah cukup lengkap dan kita tahu, (dia) pernah menjadi Panglima Armada kemudian Pangkogabwilhan, jadi sudah bersinergi dengan angkatan lainnya, dan saya rasa sudah pantas, dan dinilai pantas oleh Panglima TNI dan Bapak Presiden,” tutur Laksamana Ali.

Share.

Comments are closed.