Si Mokos Milik Kodim 0824 Jember Diserbu Siswa SD

0

Jember, Teritorial.Com – Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Si Mokos) merupakan motor unik dengan berbagai buku bacaan di dalamnya atau perpustakaan keliling. Si Mokos Kodim 0824 Jember hadir di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tisnogambar 3 Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, Rabu (13/2/2019).

Kedatangan Si Mokos langsung diserbu oleh 300 siswa-siswi sekolah tersebut untuk membaca buku. Hal tersebut merupakan bagian dari komunikasi sosial (Komsos) kreatif Kodim jajaran Kodam V/Brawijaya. Dengan operator atau pemandu dari Koramil 0824/15 Bangsalsari sebanyak 3 orang dipimpin Serma Muhari dibantu oleh 5 orang mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tisnogambar tersebut mengajak adik-adik untuk lebih gemar membaca.

Komandan Koramil 0824/15 Bangsalsari Kapten Arm Hendra Faizar menyampaikan, keberadaan Si Mokos ini menjadi primadona bagi pelajar Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama karena di dalamnya terdapat buku-buku cerita, buku sejarah, buku pahlawan dan lain-lain yang selama ini tidak ada di sekolah.

“Sehingga keberadaan Si Mokos ini menjadi media bacaan lain untuk menambah wawasan bagi adik-adik terhadap pengetahuan umum diluar kurikulum sekolah, seperti di SDN Tisnogambar 3 ini keberadaan Si Mokos memang sesuai dengan permintaan pihak sekolah,” kata Hendra.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi kegiatan komsos kreatif melalui Si Mokos tersebut. “Sayangnya kita hanya mendapatkan motor tersebut satu unit, sehingga operasionalnya dilakukan secara bergiliran di Koramil Jajaran,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Dandim, keberadaan Si Mokos walaupun hanya satu tetap dapat membantu dalam meningkatkan minat baca pelajar. “Karena dengan gemar membaca meningkatkan wawasan dan kecerdasan adik-adik sebagai generasi bangsa. Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang berminat kedatangan Si Mokos ini, karena tidak semua sekolah memiliki ruang baca atau perpustakaan,” tutup Dandim 0824.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: