Tiga Jenderal Turun Langsung Pantau Penyebrangan Jawa – Bali

0

Jakarta, Teritorial.Com – Pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang menjadi atensi polisi dan TNI dalam pengamanan liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Asops Kapolri Irjen M Iriawan, Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman melakukan kunjungan dan memantau langsung pengamanan jalur penyebrangan Jawa-Bali.

“Fokus pengamanan saat ini adalah arus liburan. Kami tadi lihat pemaparan dari Kapolres Banyuwangi. Sudah tepat skenario pengamanan antisipasi macet dan penumpukan penumpang di pelabuhan,” ujar Machfud kepada wartawan saat kunjungan di Pelabuhan ASDP Ketapang, Selasa (26/12).

Kemacetan dan Aksi terorisme menjadi atensi pengamanan dalam Operasi Lilin 2018. Banyuwangi sebagai pintu gerbang menuju Bali mendapat penanganan khusus dalam pengamanan liburan kali ini.

“Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terkait pengamanan juga sudah lengkap ada Brimob dan K9. Kami jamin keamanan perayaan tahun baru aman,” tambahnya.

Dalam kunjungannya tersebut, rombongan tiga jenderal ini juga melihat simulasi penyelamatan penumpang kapal yang jatuh, oleh petugas dari Integrated Rescue Team (IRT) di Pelabuhan Ketapang.

Petugas pengamanan perairan yang terdiri dari Satpolairud, TNI AL dan Basarnas ini menyelamatkan dua penumpang yang terjatuh dari kapal, dengan menggunakan dengan armada kapal yang sudah dipersiapkan dalam Operasi Lilin 2017 ini.

“Sudah pas. Saya kira pasukan Polri dan TNI sudah mahir dalam penanganan penyelamatan penumpang. Kami apresiasi,” tambahnya.

Seusai melakukan tinjauan, Machfud menyimpulkan bahwa tingkat keamanan dan kesiapan pihak keamanan di Banyuwangi cukup tinggi. “Saya kira, semuanya sudah siap untuk melakukan pengamanan selama operasi lilin 2017. Baik dalam mengatur lancarnya lalu lintas maupun pengamanan yang lebih luas,” ujarnya

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: