Ini Sektor-Sektor Industri yang Terkena Revisi DNI

0

Jakarta, Teritorial.Com – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution resmi mengeluarkan kebijakan relaksasi DNI (daftar negatif inveatasi) sebagai bagian dari paket kebijakan ekonomi ke-16 yang dirilis beberapa waktu lalu.

Salah satu tujuan relaksasi ini adalah membuka kesempatan penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan asing masuk dalam sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi agar bisa masuk ke segala bidang usaha.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan secara rinci ada beberapa sektor perindustrian yang mengalami revisi DNI. Sektor yang dibuka untuk investasi adalah industri printing dan rajut.

“Kemudian ada industri yang kami keluarkan dari kemitraan menjadi terbuka seperti kecap, susu kental, minyak, paku, mur, dan baut,” terangnya.

Airlangga juga menjelaskan ada sejumlah bidang usaha dengan syarat tertentu seperti karet dengan jaminan suplai yang dijamin.

Sementara seperti industri rokok kretek dan rokok putih kami lepaskan karena ada kewajiban bangun industri, untuk soft skill seperti batik dan buah-buahan kami serahkan ke UMKM” imbuhnya.

Terakhir, Airlangga mengatakan UMKM bidang rumput laut kini telah dibuka untuk investasi dan kemitraan.

“Yang baru kami berikan UMKM adalah industri rumput laut, silakan investor masuk, tinggal perjelas skema kemitraan, bisa kontrak, suplai, yang penting tidak mengikat,” ujar Airlangga Hartarto.

Share.

Comments are closed.