Ketua MPR Anggap Utang Pemerintah Dalam Keadaan Bahaya

0

Jakarta, Teritorial.Com – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa utang pemerintah Indonesia yang mencapai Rp 4034,80 triliun di akhir Februari sudah berbahaya.

“Bahaya dong. secara matematis masih aman ya, ya karena 30% dari PDB. Tapi kan nilainya sudah besar sekali. Kalau tidak ada langkah-langkah nanti naik terus bahaya,” kata Zulkifli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/3/2018)

Zulhasan begitu ia dipanggil menegaskan bahwa pemerintah harus mengambil langkah agar utang tak naik lagi. Zulhasan pun menyarankan pemerintah meningkatkan dan melakukan pemerataan ekonomi rakyat.

Zulhasan pun menilai langkah tersebut bakal membuat banyak orang yang membayar pajak dan pemerintah tak perlu mengutang lagi.

“Satu, caranya meningkatkan ekonomi rakyat. Kedua, tidak hanya meningkat, tapi harus pemerataan sehingga banyak orang akan bayar pajak, pemerintah nggak perlu utang lagi,” tandas Ketum PAN ini.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan mencatat jumlah utang pemerintah telah menembus angka Rp 4.034,8 triliun per akhir Februari 2018 atau rasionya 29,24% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Jumlah utang pemerintah per Februari tahun ini juga tumbuh 13,46% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan per akhir 2017 maka terjadi kenaikan Rp 96,4 triliun.

Share.

Comments are closed.