Wujudkan Tertib Pengelolaan BMN, TNI AL Gelar Rakernis BMN

0

JAKARTA, Teritorial.com – “Melalui Rakernis BMN Kita Wujudkan Tertib Administrasi Pengelolaan BMN Untuk Mempertahankan Opini WTP Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL Secara Profesional, Modern, Solid dan Tangguh” merupakan tema Rakernis (Rapat kerja teknis) BMN yang diadakan oleh Staf Logistik Angkatan Laut (Slogal) bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Rabu (30/6).

Rakernis BMN ini bertujuan untuk menyamakan visi, persepsi dan interpretasi tentang arah kebijakan bidang pengelolaan BMN di tahun anggaran 2021, sehingga diperoleh satu kesatuan pola pikir, pola sikap dan pola tindak bagi komunitas logistik TNI AL pada umumnya dan komunitas BMN pada khususnya yang akan memudahkan dan memperlancar pelaksanaan tugas guna memperoleh hasil yang optimal.

Rakernis yang dibuka Asisten Logistik (Aslog) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., ini hadiri secara tatap muka oleh Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M., CHRMP., para Sekdis dan Paban di lingkungan Mabesal serta diikuti secara virtual oleh 136 peserta pejabat BMN di jajaran TNI AL.

Dalam sambutannya Aslog menyampaikan bahwa masih terdapat permasalahan yang timbul dalam pencatatan penggunaan BMP di satker-satker satuan bawah dan permasalahan yang terkait dengan stock opname barang persediaan yang berada di gudang-gudang penyimpanan baik di Dopus maupun di Lantamal. “Hal ini tentunya membutuhkan suatu penyempurnaan terhadap SOP (standard operating procedure) pencatatan dan stock opname serta peningkatan koordinasi antara unit pengadaan, petugas BMN dan user pengguna. Selain itu dibutuhkan peningkatan kompetensi dan evaluasi terhadap jumlah operator BMN,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Aslog juga mengatakan perlunya persiapan dalam rangka penyesuaian aplikasi baru berupa Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang akan secara efektif diberlakukan pada tahun anggaran 2022. “Diperlukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan terhadap personel-personel pengawak dan operator yang menangani simak BMN. Hal ini diharapkan dapat menambah tingkat pemahaman operator terhadap aplikasi tersebut khususnya bagi para operator baru dan operator Sub Satker,” lanjut Aslog.
Materi yang disampaikan pada Rakernis kali ini antara lain Bidang Pencatatan Kep Penghapusan, PSP dan Pemanfaatan BMN di Aplikasi SIMAK dan SIMAN yang dipaparkan oleh Kasubbid I A Dit BMN DJKN Kemenkeu Tunggul Yunianto, S.E., M.T., Ph.D., Pengenalan Aplikasi SAKTI (Modul BMN), Persiapan (Persyaratan) Sebelum Migrasi Ke SAKTI disampaikan oleh Kasi BA I Dit APK DJPB Kemenkeu Made Krisna Aryawan, S.E., M.B.A., Penatausahaan BMN TNI AL Tahun 2020 dipaparkan oleh Paban VI BMN Slogal Kolonel (T) Armand Renaldy Richard, S.E., M.M., dan Resume Hasil Pemeriksaan Atas Sistem Pengendalian Intern dan Kepatuhan Terhadap Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan Serta Penatausahaan BMP dalam SIMAK BMN dipaparkan oleh Kasubdis BMN Disbekal Kolonel Laut (KH) Budi Sulistiyono, CTMP.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: