Dubes Imbau Warga AS Segera Atur Waktu Tinggalkan RI

0

JAKARTA, Teritorial.com – Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah di Indonesia membuat Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta merilis penyataan sikap. Mengacu kepada Global Level 4 Health Advisory, warga AS yang saat ini berada di tanah air harus segera mengatur kepulangan mereka ke AS.

“Kecuali mereka siap untuk tetap berada di sini dalam waktu yang lama,” tulis Kedubes AS seperti dikutip https://id.usembassy.gov, Minggu (29/3/2020).

Menurut Kedubes AS, warga negara AS yang ingin meninggalkan Indonesia harus segera memesan pesawat. Ini karena penerbangan komersial yang tersedia semakin berkurang.

Kedubes AS menunjukkan masih ada 37 penerbangan komersial setiap pekan yang dapat digunakan warga AS. Perinciannya 28 dari Jakarta (17 via Tokyo, 4 via Doha, dan 3 via Bangkok), 8 dari Bali (3 via Tokyo dan 5 via Doha), dan 1 dari Surabaya (via Kuala Lumpur dengan penerbangan terakhir 30 Maret 2020).

Sebelumnya, Kedubes AS memberikan perintah meninggalkan Indonesia kepada keluarga karyawan Kedubes AS maupun Konjen AS berumur di bawah 21 tahun.

“Departemen Luar Negeri membuat keputusan ini karena bukti Covid-19 di Indonesia, kapasitas medis di Indonesia saat ini, dan ketersediaan penerbangan saat ini dari Indonesia,” tulis pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menyatakan bahwa warga AS yang berada di luar negeri diminta untuk kembali ke AS. Pengecualian bagi warga AS yang tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama.

“Warga negara AS yang ingin meninggalkan Indonesia harus membuat pengaturan perjalanan secepat mungkin, karena penerbangan komersial masih tersedia, meskipun sudah berkurang,” ujar pernyataan tersebut.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: