TNI AL Bahas Rencana Kerja Sama Dengan Italian Navy

0

JAKARTA, Teritorial.com – Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar pertemuan bilateral dengan Italian Navy bertempat di Ruang Dahlia I, Hotel Avenzel, Bekasi, pada Kamis (10/2) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., didampingi Perwira Staf Srenaal, Sintelal, Slogal, dan Disdikal. Sedangkan pihak Italian Navy diwakili oleh Atase Pertahanan Italia di Jakarta, Captain (Navy) Maurizio Pitton.

Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan membuka Staff Meeting dengan menyampaikan bahwa hubungan antara TNI AL dan Italian Navy telah terjalin selama beberapa dekade melalui pembelian persenjataan dan kunjungan kapal (port visit) namun perlu ditingkatkan dengan membentuk forum pertemuan secara resmi.

Sedangkan Captain (Navy) Maurizio Pitton menyampaikan bahwa Italian Navy siap meningkatkan hubungan dengan TNI AL mengingat adanya rencana Kemhan mengakuisisi kapal frigate jenis Fregata Europea Multi-Missione (FREMM) untuk memperkuat TNI AL.

Topik pembahasan pada pertemuan ini adalah menginisiasi dibukanya Navy To Navy Talks dengan Italian Navy sebagai forum untuk membicarakan kerja sama dalam berbagai bidang seperti strategic overview, information exchange, education and courses, officer visit, port visit dan exercises.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: