Pangkostrad Mundur, Maju Pilkada

0

Jakarta,Teritorial.com – Resmi pensiun dini sebagai prajurit TNI, Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi maju Pilgub Sumatera Utara. Hal tersebut diketahui dari surat keputusan Panglima TNI tentang mutasi jabatan 85 perwira tinggi (Pati). Surat tersebut bernomor Kep/982/XII/2017 tertanggal 4 Desember 2017.

“Letjen TNI Edy Rahmayadi dari Pangkostrad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun dini),” demikian keterangan tertulis Mabes TNI, Selasa (5/12/).

Pembicaraan soal rencana dia nyagub di Pilkada Sumut, sudah dilontarkan Edy kepada Panglima TNI sejak jauh hari. Awalnya Gatot belum memberikan respon baik, dia mengisyaratkan tidak memperbolehkan Edy maju di Pilgub Sumut karena hal tersebut akan membuat TNI kehilangan satu jenderal bintang tiga nya.

Sebelum mendapatkan ijin dari presiden, sebelumnya Letjen Edy harus terlebih dahulu mendapatkan restu Panglima TNI Secara hirarki, “saya berbicara meminta izin ke KSAD (Jenderal Mulyono), habis itu ke panglima TNI, terus ke presiden,” ujar Edy (22/8).

Hal tersebut menyusul rotasi sejumlah 85 Pati di tubuh TNI jelang akhir masa jabatan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Sebanyak 46 Pati dari jajaran TNI AD, 28 Pati dari jajaran TNI AL, dan 11 Pati dari jajaran TNI AU.

“Pada akhirnya kita akan pensiun juga. Saya tak takut dengan itu. karena niat saya adalah mengiyakan kemauan beberapa rakyat yang menginginkan saya kembali, pulang ke daerah. Saya berpikir logis, saya sudah 32 tahun bekerja di luar. Sisa waktu saya ini ya saya kerja lah di daerah saya,” tutur Edy.

Letjen Edy sebelumnya menyatakan sudah siap pensiun dini dari TNI karena hendak menjadi cagub Sumut. Meski baru akan pensiun pada 2019 nanti, Ketum PSSI ini rela kehilangan peluang untuk mendapat bintang empat demi keinginannya maju di Pilgub.

Edy sudah memasang berbagai spanduk, pamflet, dan alat sosialisasi lainnya. Dengan begitu, rakyat Sumut semakin mengenalnya, walaupun mantan Pangdam I/Bukit Barisan tersebut adalah putra daerah yang ketokohannya sudah cukup diketahui. “Itu namanya wujud saya melamar ke rakyat. Mengenalkan diri dan saya akan meningkatkan elektabilitas saya,” kata Edy.(Son)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: