Badminton Asia Junior Championships 2024 Digelar di Yogyakarta, Indonesia Incar Gelar Juara

0

Yogyakarta, Teritorial.com – Turnamen bulutangkis usia muda bertajuk BIN Badminton Asia Junior Championships 2024 diselenggarakan kembali di Yogyakarta, tepatnya di GOR Amongrogo pada Jumat (28/6/2024) sampai Minggu (7/7/2024).

Sebelumnya Yogyakarta sudah menjadi tuan rumah di ajang serupa pada tahun 2023. Wakil Ketua Panitia Pelaksana ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, Ibnu Hajar mengatakan bahwa ajang akbar bulutangkis junior Asia yang total diikuti 293 atlet.

“Mohon doa restu dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya agar tahun ini Indonesia bisa meraih gelar juara. Dari kami panitia, ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 dipastikan sudah siap digelar,” ujar Ibnu saat konferensi pers, Kamis (27/6/2024) di Hotel Victoria, Sleman, Yogyakarta.

“Mohon doa restu dari masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya agar tahun ini Indonesia bisa meraih gelar juara. Dari kami panitia, ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 dipastikan sudah siap digelar,” ujar Ibnu saat konferensi pers, Kamis (27/6/2024) di Hotel Victoria, Sleman, Yogyakarta.

Bismo yang menjabat sebagai kapten tim beregu campuran menegaskan persiapan Indonesia sudah tampil baik jelang Badminton Asia Junior Championship 2024.

“Menjadi kapten tim beregu campuran untuk Indonesia di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 tidak membuat saya terbebani. Kami sejauh ini solid dan punya kekompakan yang sangat baik mengarungi turnamen ini,” ucap Bismo di konferensi pers.

Lebih lanjut, Mutiara Ayu Puspitasari yang merupakan juara bertahan yakin bisa membawa Merah-Putih berkibar di podium tertinggi. Pemain kelahiran 17 Mei 2006 itu bertekad mengeluarkan permainan terbaiknya untuk bisa membawa Indonesia merengkuh gelar juara BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

“Secara pribadi, saya berharap bisa membawa hasil yang lebih baik. Persiapan saya sendiri sudah matang, mulai untuk tampil di beregu campuran maupun individu. Melihat peta kekuatan kami yakin bisa melangkah ke babak berikutnya dengan menjadi juara grup,” beber pebulu tangkis asal Ngawi ini.

Adapun untuk tunggal putri Indonesia lainnya, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi mengaku senang akhirnya bisa tampil dan turun di kancah internasional dengan mewakili Indonesia.

“Senang pastinya diberikan kesempatan untuk tampil di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Saya berharap bisa menampilkan permainan terbaik dan membawa Indonesia juara pada nomor beregu campuran. Saya ingin membawa nama harum Indonesia di ajang ini,” kata Kadek.

Dari sektor ganda putra, pasangan Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan juga punya tekad membawa Indonesia meraih gelar juara BNI Badminton Asia Junior Championships 2024.

Adapun Badminton Asia Junior Championships 2024 mendapat dukungan penuh dari BNI sebagai sponsor utama. Tercatat beberapa sponsor lainnya yang mendukung penuh BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 ada Pertamina, MNC Media, Victor, Le Minerale, dan Kapal Api.

“Kami menaruh harapan tinggi yang tinggi terhadap keberhasilan terselenggara turnamen baik dari segi pencapaian prestasi, kelancaran acara dan kenyamanan serta keamanan serta seluruh pihak yang terlibat dalam kehidupan ini,” ungkap Widiarto selaku Area Head 2 BNI Wilayah 17.

Persaingan di turnamen ini juga akan berlangsung sengit dengan kehadiran China yang mengirimkan kekuatan terbesar dengan 30 atlet. Lalu, Thailand (29 atlet), Filipina (21), Malaysia (20), Jepang (20), Chinese Taipei (20), India (18), Korea Selatan (16), Singapura (12), Hong Kong China (12), Uni Emirat Arab (10), Vietnam (10), Macau China (9), Kazakhstan (5), Arab Saudi (4), Myanmar (2), dan Iran (1). Sementara tuan rumah menerjunkan 52 atlet terbaiknya.

PEMBAGIAN GRUP KEJUARAAN BEREGU

Grup A: Thailand, Korea Selatan, Chinese Taipei

Grup B: Malaysia, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, Macau China

Grup C: Indonesia, India, Vietnam, Filipina

Grup D: China, Jepang, Singapura, Hong Kong China

JADWAL PERTANDINGAN BEREGU CAMPURAN INDONESIA

Jumat (28/6/2024) Pukul 08.30 WIB: Indonesia vs Filipina

Sabtu (29/6/2024) Pukul 09.00 WIB: Indonesia vs Vietnam

Minggu (30/6/2024) Pukul 16.00 WIB: Indonesia vs India

Share.

Comments are closed.