Penyelundupan Kulit Harimau Sumatera Diselidiki BBKSDA Sumatera Barat

0

Padang, Teritorial.com –Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) telah menerima selembar kulit harimau Sumatera pada Selasa lalu (16/7) dari Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang.

Kulit harimau tersebut didapat melalui paket pengiriman di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) beberapa hari yang lalu. Kepala BBKSDA Sumbar Erly Sukrismato mengatakan akan menyelidiki lebih lanjut dan mencari siapa pemilik dari kulit harimau Sumatera itu.

“Dari hasil penyelidikan nantinya akan diketahui pemilik kulit harimau Sumatera tersebut berikut dengan pengirimnya,” ujar Erly sebagaimana dikutip dari gatra.com

Pada hari Jumat (12/7), kulit harimau Sumatera tersebut ditemukan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada saat proses pengiriman kargo.

Melalui laporan dari Avsec Karg, penemuan tersebut berhasil diungkap setelah petugas memeriksa sebuah paket yang mencurigakan saat pemeriksaan X Ray. Ketika paket tersebut dibuka ternyata berisi kulit harimau Sumatera.

Mencoba untuk mengelabui petugas, pengirim menuliskan paket tersebut berisi makanan ringan. Namun setelah diperiksa petugas,  ternyata isinya bukan makanan ringan melainkan selembar kulit harimau.

“Pengirim berencana akan mengirim paket tersebut ke Jakarta dengan alamat pengirim dari Kabupaten Sijunjung,” ucapnya.

Erly menjelaskan bahwa perburuan hewan dilindungi terutama terhadap Harimau Sumatera sebenarnya sudah dilarang karena populasi yang semakin berkurang. Namun disinyalir praktik jual beli organ tubuh Harimau Sumatera masih marak dilakukan melalui pasar gelap.

Erly mengatakan bahwa permintaan pasar terhadap anggota tubuh Harimau Sumatera ini masih cukup tinggi. Beberapa bagian tubuh yang kerap kali diminta pasar meliputi kulit, kumis, cakar, ataupun opsetan utuh.

Harga untuk potongan yang utuh seekor harimau Sumatera dari kepala sampai dengan kaki dijual seharga Rp5 juta per lembar sampai dengan Rp25 juta per lembar. Sedangkan taring harimau ditawarkan seharga Rp400.000 hingga Rp1,1 juta.

 

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: