Peringati Hari Ibu, Polres Malang Irup di Kodim 0818

0

Malang, Teritorial.com – Dalam rangka membina kekompakan dan sinergitas Polri dan TNI sebagaimana yang dicontohkan Panglima TNI dan Kapolri yang baru-baru ini kian dekat setelah mengudara bareng jajal kecepatan pesawat jet tempur Sukhoi SU-30 MK, di Lanud Halim Perdanakusuma Rabu (20/12/2017).

Dalam rangka membina kekompakan dan sinergitas Polri dan TNI sangatlah penting jelang perayaan Natal & Tahun Baru 2018. Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu ke 89 Tahun 2017 sekaligus mengambil apel arahan kepada seluruh personel di Lapangan Upacara Kodim 0818 Kab Malang.

Dalam Sambutannya, Kapolres Malang hadir memberikan suasana aman dan nyaman di wilayah hukum Polres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung “bahwa Ketika sekelompok manusia bersatu dan bekerja sama dengan harmonis, peningkatan energi yang tercipta melalui kerja sama tersebut dialami setiap individu di dalam kelompok,” ujarnya.

Kapolres Malang menambahkan, Sedikit Flash back sejarah TNI Polri, Paska reformasi 1998 kemudian Tahun 1999 politik negara menginginkan pemisahan Polri dari ABRI yang dilakukan murni karena alasan profesionalisme. Masyarakat menginginkan TNI lebih profesional di bidangnya demikian juga dengan Polri. Tahun 2000 keluar TAP MPR No 6 & 7 tentang pemisahan serta peran TNI Polri dalam politik negara. Tahun 2002 kemudian keluar UU Polri & UU Pertahanan yang disusul tahun 2004 keluar UU TNI. Semua itu untuk alasan profesionalisme.

Walaupun secara struktural, fungsi, dan peran Polri & TNI sudah pisah tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada esprit de corps, jiwa kebersamaan antara keduanya dalam pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara. Mari kita jalin dan pupuk terus jiwa dan semangat kebersamaan tersebut dalam pengabdian kita. Jangan lagi mau diadudomba sehingga muncul friksi2 khususnya di kalangan anggota.”Syarat utama kondusifitas suatu daerah adalah soliditas Polri dan TNI. Tanpa itu semua akan sia-sia,jelasnya. Pembangunan tidak akan dapat berjalan tanpa keamanan yang baik. Dan keamanan yang baik prasyarat utamanya adalah soliditas TNI-Polri”, Paparnya.

Kapolres menambahkan “bahwa Saat ini tantangan dan ancaman negara kita adalah intoleransi, radikalisme, terorisme dan konflik sosial. Mari bersama-sama secara sinergis kita tanggulangi dan Moment sekarang pengamanan natal dan tahun baru serta jelang Pilkada 2018 saya minta dukungan bantuan dan kerjasama dari saudara-saudara TNI sehingga Kab Malang aman kondusif,” Tutupnya. (SON)

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: