PTDI Tanda Tangani Kontrak Pengadaan 6 Unit NC212i di Filipina

0

JAKARTA, Teritorial.com – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan DND Philippines tanda tangani kontrak pengadaan 6 (enam) unit pesawat NC212i beserta suku cadangnya bertempat di kantor Department of National Defense (DND), Quezon City, Filipina, yang kemudian akan dioperasikan oleh Philippines Air Force.

Kontrak pengadaan tersebut ditandatangani oleh Group Head Commercial PTDI, Indar Atmoko dan disaksikan oleh Engr. Samuel A Castro mewakili Kementerian Pertahanan Nasional Filipina.

Presiden Filipina, Marcos Jr. ke Jakarta bertemu Presiden RI, Joko Widodo saat kunjungan kerja pada tanggal 05 September 2022, telah disampaikan juga terkait komitmen Filipina untuk merealisasikan rencana pembelian pesawat NC212i dari PTDI. Hingga pada akhirnya kontrak pengadaan pesawat tersebut dapat terlaksana, sebagaimana hasil tindak lanjut dari penetapan pemenang tender (notice of award) oleh DND Philippines yang telah diumumkan pada tanggal 10 Maret 2023.

Selain kontrak pengadaan pesawat, PTDI juga memperoleh kontrak perawatan 2 (dua) unit pesawat NC212i Philippines Air Force yang dibeli dari PTDI pada tahun 2014, dimana kedua pesawat tersebut akan diterbangkan ke Bandung pada akhir bulan April 2023 dan dilaksanakan perawatannya di fasilitas PTDI Bandung.

“Pengadaan 6 unit NC212i ini adalah kelanjutan dari pengadaan 2 unit sebelumnya di tahun 2014. Ini mengindikasikan bahwa produk PTDI secara kualitas dapat diterima oleh customer untuk mendukung operasi misi mereka. Dengan capaian ini kami juga bersyukur bisa turut berpartisipasi dalam meningkatkan kerja sama keamanan dan pertahanan wilayah Asia tenggara yang sudah terjalin cukup baik antara Kementerian Pertahanan RI dan Filipina.

PTDI pun akan selalu siap menjadi penyedia kebutuhan alutsista lainnya untuk Filipina. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Duta Besar RI di Filipina, Agus Widjojo beserta jajarannya, yang selalu memberikan advice kepada tim kami selama melakukan kegiatan di Manila,” kata Indar Atmoko selaku Group Head Commercial PTDI.

Dalam kesempatan ini, Wakil Kepala Perwakilan RI di Manila juga menyampaikan bahwa penandatanganan kontrak pengadaan ini mencerminkan kepercayaan Pemerintah Filipina, khususnya DND Philippines dan Philippines Air Force kepada produk alutsista Indonesia yang memiliki berbagai keunggulan baik dalam hal teknologi maupun layanan purna jualnya.

Share.

Comments are closed.