Jenderal Mulyono Resmikan Korem 133/Nani Wartabone di Provinsi Gorontalo

0

Gorontalo, Teritorial.Com – Misi strategis yang diemban oleh TNI AD, dalam hal ini Komando Kewilayahan, adalah bersama-sama dengan seluruh instansi pemerintah daerah bersinergi melaksanakan pembangunan di semua bidang, hal ini salah satunya yakni pembentukan Korem 133/Nani Wartabone (NW), Kodam XIII/Merdeka di Provinsi Gorontalo.

Peresmian Korem 133/Nani Wartabone yang berlangsung di Kodam XIII/Merdeka di Provinsi Gorontalo, Kamis (13/9/2018), turut dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dan sejumlah pejabat tinggi Mabes TNI lainnya. Dalam amanatnya KSAD menyampaikan bahwa permasalahan bangsa dan tantangan perkembangan dunia saat ini demikian kompleks.

Oleh karena itulah Jenderal Mulyono menuntut semua dan seluruh komponen bangsa untuk bersatu serta bekerja sama membangun daerah masing-masing guna menghadapi tantangan tersebut. Pemerintah dan TNI-Polri tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan serta partisipasi dari masyarakat.

Disamping itu, Jenderal yang terkenal sangat dekat dengan pasukannya tersebut menegaskan bahwa Pembentukan Korem 133/NW sendiri merupakan konsekuensi logis dari berdirinya Provinsi Gorontalo pada tahun 2000, setelah sebelumnya adalah bagian dari Provinsi Sulawesi Utara.

Keberhasilan satuan berawal dari kesiapan elemen internal satuan tersebut dan interaksi satuan dengan lingkungan tugasnya. Oleh karena itu, Kasad menekankan kepada Danrem 133/NW agar mewujudkan pembinaan satuan yang efektif guna mewujudkan kesiapan operasional yang optimal.

“Jalin kerja sama dan sinkronkan program kerja Korem dengan pemerintah daerah serta aspirasi masyarakat guna mewujudkan tugas-tugas pembinaan teritorial dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan di darat,” harap KSAD.

Diungkapkan Jenderal TNI Mulyono, untuk mendukung tugas tersebut komando kewilayahan harus dapat menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung di dalam Pancasila dan kearifan lokal di wilayah masing-masing.

“Nilai-nilai luhur ini sesungguhnya merupakan hakikat dari apa yang saya sebut kekebalan atau Imunitas Bangsa kita dalam menghadapi virus-virus perpecahan dan segala macam ancaman potensial yang datang dari dalam maupun luar negeri,” Pungkasnya.

Dukungan kelancaran pembangunan Korem 133/Nani Wartabone juga ikut diberikan Pemprov Gorontalo bersama jajaran pemerintah kabupaten/kota Gorontalo. Sinergi itu membuat pembangunan Korem 133/Nani Wartabone berjalan lancar dan cepat.

Pada acara peresmian pembentukan Korem 133/WN juga dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dan unsur Forkompinda Provinsi dan Kabupaten Gorontalo.

Share.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: