Seskoal Gelar Seminar Strategi Pertahanan Militer Negara Kepulauan

0

JAKARTA, Teritorial.com – Sebagai negara kepulauan dengan potensi strategis kemaritiman yang besar bagi dunia, Indonesia sudah selayaknya memiliki sistem pertahanan maritim yang besar.

Untuk mendukung visi strategis ini, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) kembali menggelar Seminar Nasional dengan tajuk “Strategi Pertahanan Militer Negara Kepulauan (Tinjauan Aspek Dirgantara) di Auditorium Yos Sudarso, Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (23/6).

Seminar nasional yang diselenggarakan oleh institusi yang saat ini dikomandoi oleh Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) ini, mengangkat isu terkait pertahanan maritim negara dengan keterkaitannya pada aspek ruang udara.

Perlu kita pahami, untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, diperlukan dukungan sistem pertahanan maritim yang mumpuni.

Ini bukan hanya menjadi peran TNI AL sebagai pengemban tanggungjawab pertahanan laut, namun peran sertanya harus diisi oleh seluruh elemen bangsa, utamanya TNI AU sebagai pengemban tanggungjawab pertahanan udara kita.

Dalam mendukung pertahanan maritim yang mumpuni, peran pertahanan ruang udara yang baik sejatinya harus pula diperhatikan.

Untuk mendukung pembahasan materi dalam forum ini, Seskoal menghadirkan narasumber-narasumber yang mumpuni, yaitu Letjen TNI (Purn) Dr. Yoedhi Swastanto, MBA., Guru Besar Bid HI Unhan Prof. Dr. AA Bayu Perwita Peneliti Senior CSIS Prof. J. Kristiadi, Pengamat Militer Dr. Connie Rahakundini Bakrie, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, Asops Kasau Marsda TNI M. Khairil Lubis, serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI Drs. Utut Adianto.

Share.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: